~asSaLamUalAikum~

VIVA HISTORIA VIVA HISTORIA VIVA HISTORIA VIVA HISTORIA VIVA HISTIROA VIVA HISTORIA

Selasa, 01 Januari 2008

Karir Wayne Rooney di Everton

Rooney mengawali debut nasionalnya di Liga Inggris pada Oktober 2002. Saat itu, Rooney baru berusia 16 tahun. Golnya dimenit terakhir mampu membuat Everton mengalahkan arsenal dan membuat rekor 30 kali tak terkalahkan Arsenal berakhir. Moment tersebut mambuat kedua orang tua Rooney menangis bahagia, karena puteranya berhasil menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Inggris. Menurut Manajer Everton, David Moyes, Wayne Rooney adalah contoh "pesepak bola" jalanan. Tipe pemain dengan bakat yang alami dan mengagumkan sehingga mampu bermain di Liga Utama pada usia sangat muda, 16 tahun.
Sejak Rooney menandatangani kontrak dengan Everton, club pujaannya sejak dia masih kecil. Hidupnya mulai berubah, dari anak seorang buruh biasa menjadi pemain sepak bola dengan penghasilan 13.000 pound (sekitar 200 juta Rupiah) per minggu. Tak pelak kekayaan itu membuat tetangga dan teman-temannya cemburu. Dibandingkan dengan mantan legendaries Inggris, Paul Gascoigne atau Ronaldo dari Brazil, karier muada Rooney dimulai di tempat yang sangat sederhana.
Selama hampir 2 tahun, Wayne Rooney memperkuat Everton. Selama musim 2002/2003-2003/2004, saat masih bergabung dengan Everton, Rooney tercatat telah merumput dalam pertandingan Liga Premier Inggris (EPL), FA Cup, dam League Cup. Total permainan Rooney tercatat 48 kali (29 Sub) dan berhasil mencetak 17 gol. Masa transisinya menuju bintang besar selesai ketika dia memperkuat Inggris dalam menghadapi Turki di babak kualifikasi Uero 2004 lalu.

Tidak ada komentar: